Jenis dan Contoh Iklan Media Cetak

Posted on

13 contoh iklan media cetak, gambar dan penjelasannya

Jenis dan Contoh Iklan Media Cetak

Billboard “#CloseTheDoor Podcast” karya Deddy Corbuzier di wilayah Jabodetabek baru-baru ini ramai jadi perbincangan. Pakar bisnis menganggap ini sebagai contoh iklan media cetak yang sukses sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Hal ini seolah membantah anggapan bahwa iklan media cetak sudah usang. Padahal, platform ini paling terjangkau bagi para pelaku bisnis, terutama yang baru memulai.

Selain billboard atau spanduk, masih banyak contoh iklan media cetak lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Pengertian iklan media cetak

Iklan media cetak mencakup semua jenis pesan iklan pada media cetak seperti kertas, kain, dll.

Beberapa media cetak yang biasa digunakan untuk periklanan adalah:

Koran,
Majalah,
tabloid,
selebaran,
Brosur,
Spanduk,
papan iklan.

Perbedaan yang paling mencolok adalah jenis iklan ini memiliki bentuk fisik.
Contoh iklan media cetak

Di bawah ini adalah contoh penggunaan iklan media cetak. Referensi berikut ini diambil dari berbagai sumber di Internet.
1. Iklan di surat kabar

Surat kabar adalah ruang iklan strategis terbaik.

Jenis iklan yang biasa digunakan di media cetak adalah iklan kolom, kolom, dan advertorial.

iklan Baris

tampilan kolom

iklan
2. Iklan di majalah

Majalah merupakan bentuk surat kabar yang kasual karena gaya bahasanya tidak kaku dan topiknya lebih luas.

Iklan kolom dan advertorial umum di majalah, tetapi tidak ada iklan baris.

Perbedaan lainnya adalah iklan di majalah umumnya full color.

Iklan halaman penuh

iklan
3. Iklan di tabloid

Apa perbedaan majalah dan tabloid?

Tabloid mungkin terbit seminggu sekali, sementara kebanyakan majalah terbit sebulan sekali.

Tabloid lebih tipis tetapi ukuran kertasnya lebih besar.

Itu sebabnya iklan kolom di tabloid cenderung muncul di sampul juga, karena ada banyak ruang kosong di sana.
4. Contoh iklan media cetak pamflet

Flyer adalah brosur yang isinya merupakan iklan sementara barang, jasa atau pengumuman.

Flyer dibagikan kepada masyarakat di tempat-tempat umum atau door to door.

Media cetak juga merupakan salah satu media yang paling umum digunakan oleh para pelaku bisnis atau usaha kecil karena harganya yang murah.
5. Beriklan di prospektus

Media cetak ini hampir sama dengan pamflet, keduanya berbentuk lembaran, namun brosur memuat informasi yang detail.

Brosur juga berlaku untuk waktu yang lama. Misalnya, brosur sekolah, produk kesehatan, kendaraan, properti, dll.

Brosur adalah selembar kertas yang dilipat menjadi beberapa bagian sehingga halamannya bersambung.
6. Beriklan di Spanduk

Selanjutnya datang spanduk, media cetak besar membentang menyerupai bendera.

Spanduk dipasang di lokasi strategis seperti pinggir jalan raya.

Mirip dengan selebaran, spanduk dibatasi waktu. Misalnya mengumumkan pelaksanaan salat Idul Fitri atau penerimaan siswa baru.
7. Beriklan di papan reklame dan papan reklame

Reklame dan reklame juga termasuk materi iklan luar ruang, namun pemasangannya tidak boleh sembarangan, seperti: B.Banner.

Areal reklame sudah disediakan secara khusus oleh instansi tertentu.

Infrastruktur reklame biasanya tidak permanen, sedangkan reklame bersifat permanen.

Sebenarnya keduanya sama saja dengan banner, flyer atau poster, hanya saja ukurannya jauh lebih besar.
Iklan di media cetak masih efektif

Namun, beriklan di media cetak masih cukup efektif untuk memajukan bisnis Anda. Contoh iklan media cetak “#CloseTheDoor Podcast” membuktikan bahwa metode ini masih relevan hingga saat ini. Ini semua tentang bagaimana Anda melewati strategi untuk dilihat pemirsa

Sumber :