Prinsip pembelajaran: definisi, sifat, elemen, harapan, teori

Posted on

Pahami prinsip belajar
Buka baca cepat

Prinsip pembelajaran merupakan interaksi antara pembimbing dengan siswa dengan tujuan untuk memberikan semangat belajar yang berguna bagi dirinya sendiri. Selain itu, prinsip-prinsip pembelajaran juga dapat digunakan sebagai alat bantu berpikir, pedoman berpegangan, dan sumber semangat agar proses belajar mengajar antara pembimbing dan siswa dapat berjalan dengan lancar.
Prinsip pembelajaran ahli

Prinsip-pembelajaran-definisi-sifat-elemen-harapan-teori
Beberapa prinsip pembelajaran menurut para ahli, antara lain:

1. Prinsip belajar menurut Ngalim Purwanto (2002: 85)

Dalam pembelajaran, setiap siswa harus mengupayakan partisipasi aktif, meningkatkan minat, dan memberikan bimbingan tentang bagaimana mencapai tujuan kelas.
Pembelajaran selesai dan materi harus disajikan secara terstruktur, sederhana sehingga siswa dapat dengan mudah menangkap maknanya.
Pembelajaran harus mampu membangkitkan motivasi yang kuat pada diri siswa untuk mencapai tujuan kelas.
Pembelajaran merupakan proses yang berkesinambungan, sehingga harus dilakukan selangkah demi selangkah sesuai dengan perkembangannya.
Pembelajaran membutuhkan sumber daya yang cukup agar anak dapat belajar dengan tenang.
Pembelajaran membutuhkan interaksi anak dengan lingkungannya.

2. Prinsip pembelajaran menurut SupRYin Saputro (2000: 146-150)

Sajikan beragam aktivitas. Kegiatan dan metode pembelajaran yang digunakan bermacam-macam, mis. B. menggunakan metode diskusi, eksperimen, abstrak buku, dan lain-lain.
Penciptaan suasana belajar yang bervariasi. Kegiatan belajar dibuat dengan cara yang menarik dan variatif serta tidak membosankan, mis. B. pengaturan tempat duduk untuk siswa atau pengaturan ruangan.
Mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan selalu mengasumsikan bahwa setiap siswa memiliki potensi keterampilan dan pengalaman. Kegiatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan fisik, mental, dan sosial. Aktivitas siswa dapat terlaksana jika tugas yang dilakukan siswa berkaitan dengan keterampilan proses.
Mendorong siswa untuk berkreasi dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaktifkan diri sendiri, mis. B. Kesempatan untuk berdebat, mengajukan pertanyaan atau memberikan saran.
Tingkatkan terjadinya interaksi kelas yang lebih baik. Guru berperan lebih besar sebagai pengarah atau pengontrol kegiatan belajar mengajar. Siswa tidak perlu menanyakan informasi atau jawaban yang diminta.
Melayani perbedaan individu Ada siswa yang dapat dengan mudah berpartisipasi dalam kegiatan belajar dengan mendengarkan, melihat atau bercerita. Hal ini hendaknya dijadikan sebagai ragam kegiatan pembelajaran untuk menyuguhkan perbedaan yang ada pada diri siswa.
Penggunaan berbagai sumber belajar Penggunaan buku, bahan ajar atau media dalam kegiatan pembelajaran akan mendorong siswa untuk belajar dan tidak bosan.

Karakteristik belajar
Baca lainnya: Memahami OJK

Berikut ciri-ciri pembelajaran, antara lain:

Adanya keterampilan baru atau perubahan perilaku, termasuk keterampilan berbasis pengetahuan (kognitif) (psikomotor) serta nilai dan sikap (perspektif)
Perubahan tidak memakan waktu lama, tetapi stabil atau dapat disimpan.
Perubahan tidak terjadi begitu saja, itu harus dilakukan dengan usaha keras. Perubahan terjadi karena interaksi dengan lingkungan
Perubahan tidak hanya karena pertumbuhan / kematangan fisik, kelelahan, sakit atau pengaruh pengobatan

7 prinsip pembelajaran

Berikut 7 prinsip belajar sambil belajar, yaitu sebagai berikut:

Perhatian dan gairah

Perhatian memberikan kontribusi yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Menurut Gage dan Berliner, analisis pembelajaran untuk bekerja dengan informasi terbuka sehingga tidak ada kekhawatiran bahwa pembelajaran tidak akan terjadi. Perilaku perhatian di dalam kelas berdampak pada saat kelas memenuhi kebutuhan siswa. Karena siswa menganggap pelajaran itu perlu dan perlu dalam kehidupan sehari-hari, siswa akan lebih bersemangat untuk menjelajahinya lebih jauh.

Antusiasme juga berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Roh adalah energi yang menggerakkan dan memandu aktivitas individu. Pikiran juga dapat digunakan sebagai tujuan pembelajaran. Pikiran adalah suatu tujuan yang dapat dijadikan salah satu tujuan dalam desain. Kondisi ini terkait dengan keinginan guru yang menginginkan siswanya melakukan aktivitas logis dan estetis hingga aktivitas pembelajaran berakhir.

Keaktifan

Menurut John Dewey, ia memaparkan gagasan bahwa belajar melihat apa yang harus dilakukan siswa, kemudian harus dilakukan sendiri

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/